Blog Pendidikan Profesional dan Berdedikasi

Kamis, 24 Maret 2011

7 KEISTIMEWAAN ENSIKLOPEDI MUHAMMAD

1.  Satu-satunya buku yang mengupas pribadi Nabi Muhammad Saw. dari sepuluh aspek status dan profesi terpenting manusia dalam hidup: sebagai nabi, pribadi mulia, pedagang, suami dan ayah, pendidik, pecinta ilmu, negarawan, pemimpin militer, pejuang kemanusiaan, dan hakim.

2.  Metode penulisan buku merupakan gabungan antara metode kronologis dan tematis. Metode kronologis adalah metode penulisan buku-buku biografi Nabi pada umumnya: menyampaikan sejarah hidup Nabi secara kronologis dari lahir hingga wafat (dijumpai dalam paruh pertama Jilid 1).  Sedangkan metode tematis adalah metode penulisan yang menyoroti aspek-aspek tertentu dari Nabi (dijumpai dalam keseluruhan jilid).  Pembahasan tematik kehidupan Nabi ini selalu diperkuat dan didukung oleh cuplikan kisah teladan Nabi Muhammad beserta para sahabatnya untuk setiap tema.

3.  Ditulis oleh cendekiawan terkemuka Pakistan, Afzalurrahman.  Beliau sudah dikenal oleh publik pembaca Indonesia di era 90-an lewat bukunya, “Muhammad Sebagai Seorang Pedagang”.  Baru-baru ini, karyanya yang lain, “Quranic Sciences”, yang diterbitkan oleh Mizan Pustaka dengan judul “Ensiklopediana Ilmu-ilmu dalam Al-Quran” menjadi buku yang laris diminati pembaca tanah air.

4.  Merujuk pada kitab-kitab karya ulama klasik: kitab hadis sittah, Sirah Ibn Ishaq, Ibn Hisyam, Ibn Sa’d, Tabari dan tafsir mu’tabarah (Ibn Katsir, dll).

5.  Diperkaya dengan kontribusi sekian banyak artikel dan tulisan ulama-ulama terkemuka dunia Islam sejak zaman klasik hingga modern, seperti Al-Ghazali, Ibn al-Qayyim, Syah Waliyullah, Abul A’la Maududi, Muhammad Qutb, Sayyid Qutb, Maurice Bucaille, Hasan Al-Nadwi, Muhammad Asad, HAMKA, Mustafa Siba’i, Syaikh Abu Zahra, dll.

6.  Disunting dan diperkaya oleh redaksi Pelangi Mizan sehingga menjadi lebih ringkas, padat, informatif, dengan tambahan materi dan ilustrasi visual yang menarik dan artistik.  Materi tambahan hasil suntingan redaksi Pelangi Mizan diambil dari berbagai sumber, dalam maupun luar negeri.

7.  Rujukan silang ke buku-buku program Life Long Learning lainnya: Atlas Budaya Islam, Ensiklopedi Oxford Dunia Islam Modern, dan Tafsir Muhammad Asad.

(Sumber: Ensiklopedi Muhammad, terbitan Pelangi Mizan)

7 KEISTIMEWAAN ENSIKLOPEDI MUHAMMAD Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sidiq Budiyanto

0 komentar:

Posting Komentar