Home » » Contoh RPP Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi Mapel IPA SMK kelas X

Contoh RPP Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi Mapel IPA SMK kelas X

Written By Sidiq Budiyanto on Selasa, 16 November 2010 | 03.52

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I. Identitas
Sekolah : SMK Triatma Jaya Badung
Mata Pelajaran : IPA
Kelas Semester : X Restoran/1
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
II. Standar Kompetensi
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
III. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik
IV. Indikator
Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah dan masing-masing diberikan contohnya.
V. Tujuan Pembelajaran
    1. Siswa dapat membedakan pengertian Pengetahuan dengan Ilmu Pengetahuan.
    2. Siswa dapat menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah dan memberikan contoh masing-masing.
    3. Siswa dapat menjelaskan pengertian penelitian ilmiah.
VI. Materi Pokok
Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam (Sains)
  1. Ilmu Pengetahuan Alam sebagai Disiplin Ilmu
Ilmu pengetahuan alam bermula dari rasa ingin tahu yang merupakan ciri khas manusia. Manusia memiliki rasa ingin tahu mengenai benda-benda dan gejala-gejala alam di sekitarnya, dan dirinya sendiri. Dari rasa ingin tahu tsb, manusia menggunakan akal pikirannya untuk mencari tahu serta mempelajari gejala-gejala alam agar dapat bermanfaat dalam kehidupannya. Jadi, Ilmu pengetahuan alam (sains) adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam secara apa adanya.
  1. Ciri Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu pengetahuan alam memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Konkret
Ilmu pengetahuan alam memiliki objek kajian berupa benda-benda atau gejala-gejala alam yang nyata dan dapat ditangkap oleh indera.
  1. Logis
Ilmu pengetahuan alam dikembangkan berdasarkan cara berpikir logis. Cara berpikir logis adalah cara berpikir dengan menggunakan logika dan objek. Kesimpulan yang diambil berdasarkan logika-logika tertentu, baik secara induktif atau deduktif.
  1. Objektif
Hasil dari ilmu pengetahuan alam merupakan suatu produk yang terhindar dari maksud-maksud tertentu pelaku (subjektif), baik itu berupa kepentingan seseorang maupun golongan.
  1. Empiris
Ilmu pengetahuan alam dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris, yaitu pengalaman konkret yang dapat dirasakan oleh semua orang dan dapat dibuktikan secara ilmiah.
  1. Sistematis
Hasil kajian ilmu pengetahuan alam, baik hasil penelitian atau kajian ilmiah, didasarkan pada langkah-langkah yang sistematis dan berurutan.
  1. Teori-teorinya berlaku umum
Begitu banyak teori-teori sains yang lahir dari ilmuwan yang mengkaji gejala-gejala alam. Teori-teori itu berlaku umum dan dapat diketahui oleh orang lain tanpa batas
Proses Ilmiah
Proses ilmiah merupakan perangkat ketrampilan kompleks yang digunakan dalam melakukan kerja ilmiah. Proses pemecahan masalah-masalah tersebut harus menggunakan langkah-langkah yang objektifdan sistematis, langkah ini biasanya dikenal dengan metode ilmiah. Langkah-langkah dari metode ilmiah dapat dijelaskan sebagai berikut:
1. Merumuskan masalah
2. Observasi
3. Menyusun hipotesis
4. Eksperimentasi
5. Menarik kesimpulan
6. Menguji kesimpulan
Beberapa kriteria dari metode ilmiah
1. Berdasarkan fakta
2. Bebas dari prasangka
3. Menggunakan prinsip analisis
4. Menggunakan hipotesis
5. Menggunakan ukuran objektif
6. Menggunakan teknik kualifikasi
Produk Ilmiah
Produk ilmiah adalah produk yang dihasilkan berupa fakta atau teori yang diperoleh dengan menggunakan proses ilmiah dan sikap ilmiah
III. METODE PEMBELAJARAN
- Induktif: Metode Tanya Jawab (interaktif), pemberian informasi, diskusi kelompok.
IV. PROSES PEMBELAJARAN
  1. Persiapan dan Pembuka (± 15 menit)
  • Salam dan Perkenalan
  • Mengecek presensi siswa
  • Menginformasikan mengenai outcomes dan prosedur penilaian
  • Apersepsi dan motivasi
  1. Kegiatan Inti (± 70 menit)
Kegiatan Guru Kegiatan Siswa Alokasi Waktu Tempat
Eksplorasi Ruang kelas
Memotivasi siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan topik yang dipelajari. Siswa menjawab pertanyaan dari guru.  15 menit
Elaborasi
-   Mempresentasikan topik, mengumpulkan informasi dan masalah yang dimiliki siswa.  -   Mengarahkan siswa untuk memahami materi
-   Mengobservasi aktivitas siswa.
Memperhatikan penjelasan guru dengan baik. Memberikan informasi dan jawaban dari pertanyaan guru.  30 menit
Konfirmasi
-   Memberikan beberapa latihan.  -   Memberikan komentar terhadap pertanyaan dan memberikan penjelasan jika terdapat miskonsepsi. -      Mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru.  -      Memperbaiki pemahaman yang keliru. 30 menit
  1. Kegiatan Penutup (± 5 menit)
Ä      Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya mengenai topik
Ä      Memberikan tugas rumah
Ä      Menginformasikan mengenai topik selanjutnya
Ä      Salam penutup
  1. V. SUMBER BELAJAR
  2. Buku IPA
Pujiningsih, Nining., Devi Puspitasari, dan Agus Sugiantoro. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Arya Duta
  1. Internet
  2. VI. ALAT DAN MEDIA
Spidol dan White Board
  1. VII. PROSEDUR PENILAIAN
  2. Metode Evaluasi: Kognitif melalui tugas. Afektif dilakukan dengan lembar pengamatan individu, yang dilakukan oleh guru mengadakan penilaian, baik berupa komentar atau dalam bentuk pengamatan. Penilaian Afektif juga menggunakan rubrik penilaian afektif. 
  3. Instrumen : soal pilihan ganda dan essay pada buku pegangan.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Team Solo Desain | +6208122612635
Copyright © 2015. NUCLEUS SMART - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Sidiq Budiyanto
Proudly powered by Team NSI

Selamat Datang

Selamat datang di "Blog Nucleus Smart ", saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. dan berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog iniSelengkapnya tentang Saya

Sepintas Tentang Saya :

Nama saya Sidiq Budiyanto, jika Anda ingin membuat website company profile, web sekolah, atau toko online HUB: 08122612635

Social Stuff

Info