Top Ads

Info tambahan tentang kegiatan alternatif RPP EEK

ALTERNATIF KEGIATAN
DALAM RPP MODEL EKSPLORASI, ELABORASI DAN KONFIRMASI

1. Alternatif Kegiatan Eksplorasi
Membaca tentang
Mendengar tentang
Berdiskusi tentang
Mengamati model (teks/ karya)
Mengamati demonstrasi
Mengamati simulasi kasus
Mengamati 2 perbandingan (yang salah dan yang benar)
Mencoba melakukan
Membaca kasus (bedah kasus)
Talk show
Berwawancara dengan lingkungan (menggali informasi)
observasi terhadap lingkungan
mencoba melakukan kompetensi dengan kemampuan awalnya
mencoba bereksperimen
Bernyanyi  (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)
Bermain   (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)
2. Alternatif Kegiatan Elaborasi
Secara diskusi/ mandiri
Mengidentifikasi ciri
Menemukan konsep
Melakukan generalisasi
Mencari bagian-bagian
Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan
Memasukkan dalam kelompok yang mana (memilah-milah)
Membandingkan dengan dunia nyata atau pengetahuan yang telah dimiliki (analisis beda dan persamaannya)
Menganalisis mengapa terjadi begini/ begitu dari hasil eksperimen/ demonstrasi
Meramalkan apa yang akan terjadi dari eksperimen
Mengidentifikasi  mana yang beda/sama dengan model bandngan/kriteria dan mana yang lebih baik
Mengidentifikasi apa yang salah/benar, mengapa salah/benar
Mengurutkan
Mengelompokkan
Mengkombinasikan
Menyusun mana yang berhubungan dan mana yang tidak
Menguhung-hubungkan (mencari model hubungan)
Memasangkan contoh dan bukan contoh (memanfaatkan model bandingan untuk elaborasi)
Alternatif kegiatan Eksplanasi
Memperluas contoh
Mencoba dalam konteks lain
Dari kelompok ke individi
Memfasilitasi bacaan
Memfasilitasi model
Mengajak melakukan
Mengajak mengevaluasi
Membuat contoh  salah dan contoh benar
Mengevaluasi kasus (mengajak mengevaluasi yang telah dibuat)
3. Alternatif Kegiatan  Konfirmasi
Penyimpulan
Memberikan balikan apa yang dikerjakan siswa
Penjelasan mengapa salah
Penjelasan mana yang benar dan yang salah
Meluruskan yang salah
Menegaskan yang benar
Melanjutkan/ menambahkan  yang kurang
Mengangkat kasus yang salah dan yang benar – menjelaskan mengapa salah/benar
Menyimpulkan konsep, kriteria , prinsip, cara mencapai yang lebih baik, contoh dan bukan contoh
Memperluas contoh yang bebar dan yang salah
Menjelaskan bagaimana seharusnya
Menciptakan rubrik
Sumber : www.scribd.com

0 komentar:

Posting Komentar