Top Ads

Membuat Soal Dengan Sofware Hot Potatoes

Oleh: Hariyanto SMA Negeri 3 Malang
Kemampuan seorang guru membuat aneka jenis soal berbasis web merupakan modal yang sangat berharga untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menarik (interactive-learning).  Pembahasan kali ini mengetengahkan pemanfaatan perangkat lunak gratis Hot Potatoes. 
Hot Potatoes terdiri dari 6 macam fasilitas yang bisa digunakan
latihan-latihan berbasis web yang interaktif, dibuat oleh Research Developement Team di Universitas Victoria Humanities Computing and Media Center.
Dengan menggunakan software ini guru dapat menyajikan bentuk  soal dalam lima variasi latihan yaitu JCloze, JQuiz, JCross, JMatch dan JMix. JCloze latihan dalam bentuk essai, JQuiz latihan dalam bentuk pilihan ganda, JCross latihan dalam bentuk puzzle atau teka teki silang, JMatch latihan dalam bentuk menjodohkan dan JMix latihan dalam bentuk campuran dari 4 variasi yang ada.
Software ini bersifat shareware sehingga anda harus membeli untuk dapat menggunakannya, tetapi software ini gratis untuk instansi pendidikan. Anda dapat mendapatkan software ini secara gratis klik http://psb-sman3malang.com/file.php/1/ICT/setup_hotpot_6255.zip .
Langkah-langkah instalasi , pembuatan quiz,dan cara memasukan quiz yang sudah kita buat ke dalam aplikasi web, misalnya Moodle. Panduan dapat di-klik di http://psb-sman3malang.com/mod/pagemenu/view.php?id=179
Semoga bermanfaat

Sumber :http://gurupembaharu.com

0 komentar:

Posting Komentar