Top Ads

Multimedia Instructional – 8. Animasi Teks

Multimedia Instructional Photoshop Basic

Photoshop merupakan suatu aplikasi yang paling populer dikalangan desainer grafis dan pengolahan citra (image processing). Sejak pertama diperkenalkan oleh Adobe corporation pada dekade 90-an, Photoshop langsung mendapatkan hati dikalangan profesional dan praktisi imege-editing dengan segala kecanggihan fitur dan kemampuan yang maksimal serta kemudahan dalam penggunaannya (user friendly).
Setelah mempelajari Modul 1 Photosho Basic ini, diharapkan peserta dapat :
1. Mengenal lingkungan kerja Adobe Photoshop, sebagai software image processing
dengan baik, untuk mendukung kebutuhan artistic dan estetika pengembangan
media ajar berbasis multimedia.
2. Merancang komponen-komponen pendukung interface, yang disesuaikan dengan
kebutuhan materi ajar yang dikembangkan
3. Mengintegrasikan komponen-komponen pendukung tersebut menjadi satu kesatuan
interface yang utuh.
Download Tulisan Lengkap: adri-multimedia-instructional-design-1-photoshop-basic.pdf



Multimedia Instructional  Banner Design

Dalam dunia advertising, banner merupakan suatu informasi singkat yang berisi image/ informasi visual, yang memberikan visualisasi indentitas kepemilikan dari banner tersebut, atau identitas konten yang dikandung oleh banner tersebut.
Dalam pembuatan suatu CD Interaktif, banner dapat digunakan sebagai identitas dari suatu lembaga, program studi, mata kuliah, atau materi ajar, bahkan sebagai pembeda antar halaman materi ajar. Pada latihan ini, peserta dilatih untuk dapat membuat suatu banner, yang akan ditempatkan sebagai identitas dari suatu materi kuliah/ materi ajar.
Download Tulisan Lengkap: adri-multimedia-instructional-design-2-banner-design.pdf



Multimedia Instructional  Interface Design




Interface desain digunakan untuk melakukan perancangan terhadap antarmuka aplikasi multimedia yang akan dikembangkan, dengan tujuan agar aplikasi menjadi lebih menarik dan memiliki nilai estetika yang tinggi. Setelah mempelajari Modul 3 Interface Design ini, diharapkan peserta dapat :
  1. Melakukan perancangan antarmuka (interface) dengan baik, sesuai dengan kebutuhan pengembangan media ajar berbasis multimedia
  2. Merancang komponen-komponen pendukung interface, yang diseuaikan dengan kebutuhan materi ajar yang dikembangkan
  3. Mengintegrasikan komponen-komponen pendukung tersebut menjadi satu kesatuan interface yang utuh.
Download Tulisan Lengkap: adri-multimedia-instructional-design-3-interface-design.pdf




Multimedia Instructional Basic Animation Pakai Flash

Materi kali ini akan kita bahas tentang konsep perancangan animasi menggunakan Flash. Untuk mulai menggunakan Flash, maka terlebih dahulu saudara harus mengenal lingkungan kerja dari Flash yang kita kenal dengan sebutan “Flash Interface”, yang berisi penjelasan tentang konsep lingkungan kerja flash, tools pendukung, konsep movie, layer dan timeline yang akan digunakan dalam mengatur jalannya movie animasi flash, untuk kebutuhan ini silahkan saudara download.
Download Tulisan Lengkap : adri-multimedia-instructional-design-5-pengenalan-flash.pdf



Multimedia Instructional Basic Animation Using Flash

 
Pada  ini, saudara kana mulai belajar menggunakan konsep dasar perancangan animasi dengan flash. Secara garis besar, proses animasi di dalam Flash akan kita kenal menjadi 3 jenis yaitu : animasi tween , animasi motion dan animasi masking.
Untuk memahami ketiga jenis animasi ini, diberikan modul latihan sederhana yang dapat saudara praktikkan kembali di labor nantinya.
Download Tulisan Lengkap : adri-multimedia-instructional-design-6-basic-animation.pdf


Multimedia Instructional Masking Animation
 
Pada materi ini kita mencoba untuk membuat animasi masking dengan menggunakan Flash. Masking dimaksudkan untuk memberikan efek penyembunyian suatu layer di atas layer yang lain, sehingga untuk menampilkan layer yang tersebunyi tersebut digunakan teknik masking.
Teknik animasi masking merupakan salah satu teknik dalam pengolahan data
dalam flash, sehingga dengan teknik ini kita dapat menyembunyikan suatu objek dibalik oebjek yang lain. Sedangkan proses “penampakan” objek tersebut dilakukan dengan memanfaatkan suatu layer tambahan yang berfungsi sebagai “masking” bagi layer yang disembunyikan.
Download Tulisan Lengkap : adri-multimedia-7-masking-animation.pdf





Multimedia Instructional Animasi Teks

Animasi teks merupakan salah satu bagian animasi yang dapat diimplementasikan untuk menambahkan efek animasi dan mempercantik tampilan paket bahan ajar multimedia yang akan dikembangkan. Dengan memberikan sedikit sentuhan animasi pada teks, akan dapat meningkatkan “atensi” pengguna CD interaktif terhadap teks yang dibuat.
Download Tulisan Lengkap: adri-multimedia-instructional-design-8-text-animation.pdf


Sumber :
http://ilmukomputer.org

0 komentar:

Posting Komentar