Top Ads

Peran ICT dalam Dunia Pendidikan di Era Global

Ada beberapa hal yang dapat diperankan ICT dalam dalam dunia pendidikan di era global, misalnya yang berhubungan dengan masalah technology and digital literacy,effective communication,critical thinking problem solving and colaboration.
Pendidikan di era global harus mengarah ke sana, baik kurikulum,proses maupun strategi dan outputnya. Ke depan kita tidak mungkin lagi bekerja secara individual,karena masing-masing sudah punya spesialisasi. Setiap bidang pekerjaan sudah multi dimention, multi dicipline, dan tidak satu disiplin saja.
Colaboration merupakan sesuatu yang tidak mungkin lagi dihindarkan. Dengan colaboration,critical thinking menjadi sesuatu yang penting. Dari sini diharapkan muncul problem solving. Semuanya itu bisa jalan kalau ada effective communication. Effective communication bisa jalan kalau kita literate dalam hal technology yang digital. Kalau kita illiterate dalam technology yang digital,maka yang lain menjadi kurang nilainya. Dampak selanjutnya effective communication menjadi terganggu, apalagi critical thinking.
Semuanya itu akan menyebabkan terjadinya keterbatasan resources (keterbatasan kemampuan SDM) yang dimiliki. Karena keterbatasan resources, meskipun critical thinking bisa terjadi namun tentunya tidak akan maksimal, karena orang lain berkomunikasi dengan menggunakan technologi. keterbatasan resources juga akan mengganggu kemampuan seseorang dalam hal problem solving apalagi colaborationnya. Karena apa?,karena everybody work,everything with internet but we can not access, we can not use internet dan seterusnya. Oleh karena itu SDM yang terbatas tersebut akan terkendala dalam segala sesuatunya.

0 komentar:

Posting Komentar