Top Ads

Profil Pemuda Berprestasi


Adam Badra Cahaya
Prestasi Untuk Bangsa

Perolehan dua medali emas sepanjang tahun 2008 yang diraihnya dari Asian Physics Olimpiad (APhO) ke-9 di Ulaanbaatar dan International Physics Olympiad (IPhO) di Hanoi, Vietnam, tidak membuatnya puas begitu saja. Anas masih ingin terus menyumbangkan baktinya bagi negara dan bangsa yang dicintainya. "Saya jadi ingat kalimat Presiden John F Kennedy, berikan apa yang ada padamu untuk bangsamu, bukan bangsamu yang memberikan buatmu. Ini mungkin yang harus direnungkan oleh pemuda Indonesia saat ini," kata Siswa SMAN 1 Jember ini yang ingin melanjutkan studinya di Nanyang University Singapura. Putra pasangan Parwoto dan Sulistiyani ini mengaku suka fisika sejak duduk di kelas II SMA. Alasannya, karena fisika lebih menantang.

Andreas Dwi Maryanto Gunawan
Target Perunggu, Dapat Perak

Siswa SMAK Kolese Santo Yusup Malang ini, berhasil merebut medali perak dalam International Mathematica Olympiad (IMO) 2008 yang diselenggarakan di negara Matador, Spanyol. “Sebenarnya saya hanya target HM atau perunggu saja. Tapi ternyata bisa dapat perak,” ungkap Andreas bangga. Awal kegilaan Andreas pada matematika dipengaruhi aktivitasnya sehari-hari yang selalu meluangkan waktu untuk mengutak-utik materi soal matematika. Kesukaannya adalah bermain-main dengan rumus. Saking cintanya pada matematika, Andreas selalu langganan mendapat nilai 10 sejak SD hingga duduk di bangku SMA.

Kelvin Anggara
Sang Pemecah Telur

Kelvin dinobatkan sebagai ‘pemecah telur’ dalam olimpiade bidang kimia. Siswa asal SMAS Sutomo 1 Medan ini adalah siswa pertama yang berhasil meraih emas dalam ajang International Chemistry Olympiad (IChO) 2008 di Budapest, Hungaria, selama 11 tahun keikutsertaan Indonesia dalam IChO. “Wah, rasanya senang banget bisa mengharumkan Indonesia di level Internasional, apalagi ini emas pertama.” Ujar Kevin. Kelvin yang kini tengah menyelesaikan studinya di NUS (Nanyang University of Singapura), sangat bercita-cita menjadi scientist dan peraih Nobel Kimia.

Irvan Jahja
Jagoan Informatika

Peraih medali emas dalam ajang Asian Pasific Informatisc Olympiad (APIO) dan International Olympiad in Informarics (IOI) 2008 ini memang jagonya di bidang informatika. Kegemarann belajar programming sudah dilakoninya sejak duduk di bangku SMP. Maka tak heran, jika Siswa SMAS St. Aloysius Bandung ini bisa mencapai prestasi itu. Rajin berlatih soal dan banyak membaca buku menjadi kunci utama kesuksesannya.

Lorenz Da Silva
Emas Istimewa

Pemilik nama lengkap Lorenz Van Gugelberg Da Silva kembali meraih emas dalam kompetisi IOAA (International Olympiad on Astronomy and Astrophysics) 2008 di Bandung, Indonesia. Medali yang sama juga diraih Lorenz pada IOAA 2007 di Chiang Mai, Thailand . "Ini adalah emas istimewa buat saya, karena kesempatan terakhir bisa berkompetisi dalam olimpiade sains," kata lulusan SMAS Semestas Semarang itu. Pemuda asal NTT kelahiran Sukoharjo ini, tengah konsentrasi menyelesaikan kuliahnya di Jurusan Elektro, Institut Teknologi Bandung (ITB). "Meski masuk jurusan elektro, tapi saya tetap akan menekuni astronomi, karena salah satu ilmu yang saya senangi," kata Lorenz lagi.

Anugerah Erlaut
Target Emas

Siswa SMAS Kharisma Bangsa Tangerang ini berhasil meraih perak dalam International Biology Olympiad (IBO) ke-19 yang berlangsung di Mumbai, India. Cowok kelahiran 6 September 1991 ini mengaku belum puas dengan medali yang diperolehnya, karena itu pada IBO 2009 nanti Ia memasang target untuk dapat emas. Agi, begitu Ia akrab disapa dengan teman-temannya, kini tengah mempersiapkan diri dengan mengikuti proses pembinaan IBO 2009 yang diadakan di Kota Bandung, Jawa Barat. (rinda)

0 komentar:

Posting Komentar