Top Ads

Software Perpustakaan

LIBAS adalah Software Aplikasi Perpustakaan yang dibuat khusus untuk sekolah. LIBAS merupakan kelanjutan dari software Aplikasi Database Guru dan Siswa (ADGS) yang dilengkapi dengan Aplikasi Perpustakaan yang sangat berguna untuk membantu kelancaran proses pengelolaan data perpustakaan di sekolah. LIBAS ini akan mencatat semua data guru dan siswa mulai masuk sampai meninggalkan sekolah baik data yang berkaitan dengan data diri, data mutasi, data buku, data peminjaman dan pengembalian buku perpustakaan, tunggakan buku perpustakaan, dan data – data lain yang berkaitan dengan perpustakaan sekolah. Semua proses pendataan akan dicatat sesuai dengan tahun ajaran dimana siswa di terima sampai meninggalkan sekolah (lulus).


Kelengkapan pencatatan data sudah di sesuaikan dengan buku induk siswa departemen pendidikan nasional. Data induk yang dicatat adalah:

    * Data diri Siswa lengkap dengan NISN
    * Data Orang tua / wali
    * Data asal sekolah lengkap dengan no ijazah, SKHUN, dan tanggal keluarnya.
    * Data mutasi (Perubahan siswa) mulai naik kelas, pindah kelas, dan seterusnya.
    * Data kesehatan dan histori kesehatan siswa.
    * Pendataan Alumni.

Data guru yang dicatat oleh program meliputi:

    * Data diri guru lengkap dengan NUPTK (Bagi yang punya)
    * Data pendidikan dan riwayat pendidikan
    * Data mutasi (Perubahan data guru). Naik jabatan, naik golongan, maupun pindah tempat mengajar, hingga keluar dari sekolah.
    * Data kesehatan dan riwayat kesehatan Guru.

Data perpustakaan yang akan diolah dalam program meliputi:

    * Detail data buku dan anggota perpustakaan
    * Pengaturan data buku bedasarkan kategori dan klasifikasinya
    * Transaksi peminjaman buku serta laporannya
    * Transaksi pengembalian buku
    * Data kunjungan perpustakaan serta laporan kunjungannya
    * Laporan tunggakan buku
    * Laporan history peminjaman buku
    * Dan lain sebagainya

Fitur utama dari LIBAS adalah:

    * FORMAT PENGISIAN yang mudah dengan tombol yang disesuiakan untuk mengarahkan pengguna agar terhindar dari kesalahan saat memasukkan data Ssiswa, data Guru, data mutasi Siswa, dan data Mutasi Guru .

    * Menu SISWA BARU. Adalah menu yang digunakan untuk memasukkan sebagian data siswa baru yang diterima disekolah, agar data siswa baru segera bisa di proses.

    * Menu PENEMPATAN KELAS. Menu ini digunakan untuk membagi kelas siswa ke dalam kelas – kelas yang ada sesuai dengan kebijakan dari sekolah.

    * Menu KELENGKAPAN DATA SISWA digunakan untuk melengkapi data siswa yang diterima agar bisa dicetak dalam data induk siswa.

    * Menu DATA INDUK SISWA digunakan untuk melihat data induk siswa. Data induk ini sudah sesuai dengan data induk standar departemen pendidikan Nasional .

    * Menu MUTASI SISWA. Menu yang digunakan untuk proses mutasi data siswa mulai siswa masuk, pindah kelas, naik kelas, siswa pindahan masuk, siswa pindah keluar, mengundurkan diri, siswa dikeluarkan, sampai siswa menjadi alumni.

    * Menu DATA GURU. Menu yang digunakan untuk mencatat data guru mulai guru di terima lengkap dengan data pendidikan, tanggal mulai tugas, golongan, jabatan, dan agama.

    * Menu MUTASI GURU. Yang digunakan untuk mencatat semua data mutasi mulai guru diterima, pindah, naik jabatan, naik golongan, meninggal, atau dikeluarkan.

    * Menu KESEHATAN SISWA & GURU. Yang digunakan untuk mencatat semua data kesehatan siswa dan guru selama menjadi warga sekolah.

    * Menu kategori buku yang memungkinkan pengelompokan buku sesuai dengan kategori sehingga memudahkan pengelola dan meminimalkan buku hilang. Dengan menggunakan kategori sebagai model pengelompokan buku maka pengelola bisa dengan mudah mengatur Lokasi penyimpanan buku sehingga memudahkan pencarian buku saat buku akan dipinjam maupun dikembalikan.

    * LibaS 2010 menyediakan menu DDC untk pengaturan klasifikasi agar sesuai dengan standar pengaturan Dewey sehingga penataan buku bisa disesuaikan dengan dengan standar yang berlaku di perpustakaan di seluruh dunia. Selain itu menu ini juga bisa anda gunakan untuk membuat sendiri klasifikasi sesuai standart perpustakaan anda.

    * Master Penerbit dan Pengarang Buku. Dengan adanya master menu ini, jika ada beberapa data buku yang penerbit dan pengarangnya sama akan mimiliki kesamaan dalam penulisan namanya. Sehingga semua data akan lebih seragam.

    * Proses Peminjaman dan Pengembalian Buku yang sangat mudah digunakan. Menu ini digunakan untuk melakukan proses sirkulasi buku. Baik peminjaman maupun pengembalian. Menu ini didesain semudah mungkin sehingga dapat digunakan oleh orang awam sekalipun.

    * Webcam dan barcode supported. Pengelola perpustakaan bisa menggunakan webcam untuk mengambil gambar buku atau foto anggota sehingga anggota tidak perlu membawa foto saat mendaftar. Barcode juga bisa digunakan untuk proses peminjaman dan pengembalian buku sehingga mempercepat proses peminjaman dan pengembalian buku.

    * Laporan peminjaman, tunggakan dan history data yang lengkap sehingga pengelola bisa mengetahui siapa saja yang meminjam buku dan buku apa saja yang sedang dipinjam atau hilang.

    * Pengaturan DENDA yang memungkinkan pengelola perpustakaan mengatur Anggota agar anggota lebih disiplin dalam mengembalikan buku.

    * MENU KUNJUNGAN yang digunakan untuk mencatat data pengunjung perpustakaan setiap hari. Sehingga dari proses ini akan diketahui berapa jumlah pengunjungan perpustakaan setiap harinya.

    * Laporan KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN. Menu ini digunakan untuk melihat rekapitulasi kunjungan perpustakaan. Pada menu ini juga tersedia GRAFIK KUNJUNGAN sehingga akan lebih memudahkan dalam pembacaan jumlah data kunjungan perpustakaan.

    * OTORITAS USER. Menu yang digunakan untuk proses pengaturan user yang boleh menggunakan program yang dapat diatur sesuai dengan Group atau kelompok pengguna sehingga lebih aman dari proses manipulasi data oleh user yang tidak diberi kewenangan.

    * BACKUP & RESTORE database yang mudah sehingga user tidak perlu takut kehilangan data jika terjadi kerusakan pada komputer.

    * LAPORAN DATA SISWA DAN MUTASI SISWA yang digunakan untuk mencetak data siswa dan data mutasi selama siswa bersekolah. Laporan ini termasuk untuk mencetak data induk siswa.

    * LAPORAN DATA GURU & MUTASI GURU digunakan untuk mencetak data guru dan data mutasi guru selama guru mengajar di sekolah.

    * IMPORT DAN EXPORT EXCEL data guru dan siswa yang mudah sehingga data bisa digunakan atau diolah pada program excel untuk fungsi yang lain.

    * NETWORK SUPPORTED. LIBAS 2010 dapat digunakan dalam jaringan sehingga bisa digunakan untuk berbagi pakai data Sekolah dalam satu jaringan komputer.

0 komentar:

Posting Komentar