Top Ads

Rumusan Konsep Teknologi Pendidikan

Published  by Dewi Salma Prawiradilaga

Dewi S. Prawiradilaga, M.Sc.Ketua Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, FIP, UNJ
Pandangan umum tentang teknologi sangat mempengaruhi teknologi pendidikan. Awal dari kebutuhan teknologi untuk dunia pendidikan karena pengaruh teknologi produk yang makin banyak diminati masyarakat.
Selama ini kita menganggap bahwa teknologi memang sudah lama menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Kita terbiasa dan cenderung menganggap teknologi sebagai peralatan dan berkaitan dengan mesin, komputer, dan serba elektronik. Padahal arti teknologi sangat luas dan tergantung peran teknologi itu sendiri bagi manusia.
Finn, 1960 sebagaimana dikutip oleh Gentry menyatakan, ?selain diartikan sebagai mesin, teknologi bisa mencakup proses, sistem, manajemen, dan mekanisme pantauan; baik manusia itu sendiri atau bukan, serta ?? secara luas, cara pandang terhadap masalah berikut lingkupnya, tingkat kesukaran, studi kelayakan, serta cara mengatasi masalah secara teknis dan ekonomis?. Dalam hal yang sama, ia mengutip pula konsep Simon (1983) yang berbunyi, ?teknologi sebagai disiplin rasional, dirancang untuk meyakinkan manusia akan keahliannya menghadapai alam fisik atau lingkungan melalui penerapan hokum atau aturan ilmiah yang telah ditentukan?.
Selengkapnya dapat Anda baca dan download disini: dsp_rumusan_konsep_tp.pdf

0 komentar:

Posting Komentar