Pengertian dan Manfaat Multimedia Pembelajaran
Berikut saya
sajikan informasi yang sekiranya bermanfaat bagi Anda yang sedang
bergelut dalam penelitian, kuliah atau pengembangan multimedia
pembelajaran.
Definisi Multimedia Pembelajaran
Multimedia adalah media yang
menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafik,
gambar, foto, audio, dan animasi secara terintegrasi. Multimedia
terbagi menjadi dua kategori, yaitu: multimedia linear, dan multimedia
interaktif. Multimedia linear adalah suatu multimedia
yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat
dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial
(berurutan), contohnya TV dan film.
Multimedia
interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat
pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna
dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh
multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran interaktif,
aplikasi game dll.
Sedangkan pembelajaran diartikan sebagai
proses penciptaan lingkungan memungkinkan terjadinya proses belajar.
Jadi dalam pembelajaran yang utama adalah bagaimana siswa belajar.
Belajar dalam pengertian aktivitas mental siswa dalam berinteraksi
dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku yang bersifat
relatif konstan. Dengan demikian aspek yang menjadi penting dalam
aktivitas belajar dan pembelajaran adalah lingkungan. Bagaimana
lingkungan ini diciptakan dengan menata unsur-unsurnya sehingga dapat
merubah perilaku siswa.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan
bahwa multimedia pembelajaran dapat diartikan sebagai aplikasi
multimedia yang digunakan dalam proses pembelajaran, dengan kata lain
untuk menyalurkan pesan (pengetahuan, ketrampilan dan sikap) serta dapat
merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan yang belajar
sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan
terkendali.
Manfaat Multimedia Pembelajaran
Secara umum manfaat yang dapat diperoleh
adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah
waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar dapat ditingkatkan, dan
proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja, serta
sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
Sedangkan keunggulan multimedia pembelajarn adalah sebagai berikut.
1. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron, dan lain-lain.
2. Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gajah, rumah, gunung dan lain-lain.
3. Menyajikan benda atau peristiwa yang
kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh
manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya
bunga dan lain-lain.
4. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju dan lain-lain.
5. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun dan lain-lain.
6. Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
Pertanyaan bagi Bapak/Ibu guru:
1. Apakah Bapak/Ibu guru pernah membuat multimedia pembelajaran? (dengan powerpoint, flash atau software lainya)
2. Seberapa jauh pengaruh multimedia
pembelajaran yang Bapak/Ibu buat terhadap perkembangan belajar siswa ?
(meningkat/biasa/tidak meningkat)
Menurut saya, prinsip yang selama ini saya gunakan.
1. Tidak ada yang salah dengan
multimedia pembelajaran, multimedia pembelajaran diciptakan untuk tujuan
positif, sehingga jika ada akibat-akibat negatif, maka mungkin perlu
dipertimbangkan faktor-faktor lainnya. Misalnya, apakah multimedia
pembelajaran yang kita buat sudah sesuai dengan kebutuha siswa? apakah
sudah digunakan dengan benar?
2. Tidak semua materi pelajaran dapat
kita buat multimedia pembelajaran. Perlu dipertimbangkan kompleksitas
materi. Multimedia pembelajaran cocok digunakan untuk materi-materi yang
sulit dan butuh daya imajinasi, sehingga siswa dapat membayangka dengan
mudah.
Contoh media pembelajaran yang pernah saya buat. Klik disini.
Semoga bermanfaat,
Istiyanto
(dikutip dari Buku Panduan
Pengembangan Multimedia Pembelajaran-Direktorat Pembinaan Sekolah
Menengah Atas Direktorat Jenderal Manjemen Pendidikan Dasar dan Menengah
Departemen Pendidikan Nasional 2007)
0 komentar:
Posting Komentar