Top Ads

Dosen Juga Harus Melek ICT


Teknologi tidak bisa dihindari, tapi harus disikapi dan kalangan akademis harus senantiasa bergerak  dan bersinergi memanfaatkan semua potensi ICT dalam mengembangkan kualitas pembelajaran' Demikian salah satu poin penting yang di sampaikan Dr.H.Lilik Gani dalam kapasitasnya sebagai Keynote speaker di depan ratusan civitas akademika UHAMKA.
Kegiatan tersebut bertajuk 'Pelatihan Peningkatan Kemampuan Penggunaan ICT bagi Dosen dan Mahasiswa FKIP UHAMKA 2010' diadakan bagi sekitar 200 peserta terdiri dari dosen dan mahasiswa dengan kerjasama antara Pustekkom Kementrian Pendidikan Nasional dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Acara dibuka oleh Dekan, Dr. Sukardi, M.Pd. yang menyatakan bahwa teknologi pembelajaran perlu diikuti agar dalam pembelajaran kita tidak ketinggalan. Ketua Pelaksana Kegiatan, Drs. Tricahyono Nurharsono, M.Si. menyatakan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan 4 angkatan. Angkatan pertama dilaksanakan pada tanggal 29 April sampai dengan 1 Mei 2010.J adwal pelaksanaan angkatan selanjutnya akan dikoordinasikan lagi sesuai dengan kebutuhan. Direktur Pustekkom Kemendiknas Dr. H. Lilik Gani, H.A. menyatakan senang dengan adanya kerjasama dengan perguruan tinggi karena akan memberi manfaat yang luas bagi khalayak. Saat ini jaringan INHERENT (untuk koneksi antar perguruan tinggi di Indonesia yang difasilitasi pemerintah) sudah menghubungkan 363 perguruan tinggi. Sedangkan jaringan sejenis untuk sekolah, Jardiknas sudah menghubungkan lebiih dari 25.000 sekolah di seluruh Indonesia. Jardiknas dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan terkait dengan pendidikan dasar dan menengah seperti mengunduh buku pelajaran secara gratis, bimbingan belajar secara online, dan saling berbagi soal pada bagian bank soal. Sedangkan jaringan INHERENT sudah sering digunakan oleh UHAMKA terutama pada acara Video Conference dengan Dirjen Dikti pada kegiatan Konsorsium PJJ PGSD yang memiliki situs bersama di SINI.
Pelatihan tahap pertama diikuti peserta dari Jurusan Bahasa, terdiri dari Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Indonesia.  Pelatihan dilaksanakan di Laboratorium Komputer FKIP UHAMKA yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet karena pembelajaran saat ini banyak berkaitan dengan dunia saiber. Luaran (output) dari pelatihan ini adalah kemampuan para mahasiswa meningkat dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana belajar dan mengajar.

0 komentar:

Posting Komentar