Mengembangkan Bakat Kepemimpinan Pada Anak (bag 2)
LANJUTAN bag 1
TAHAP 3 : KAPAN WAKTUNYA
14. Pentingnya rutinitas harian
Dalam satu hari ada 4 waktu yang bisa kita gunakan utnuk mendampingi anak-anak :
15. Kemampuan Kepemimpinan yang dimiliki
Ajak anak anda untuk menilai sendiri kemampuan kepemimpinan yang dimilikinya dengan skala 1-5 (paling kuat).
Hal-hal yang penting Peranan
Pondasi Kepemimpinan
5 tahun pertama sangat penting karena kepribadian & stabilitas mulai terbentuk Kepribadian, kesehatan emosi, tingkah laku dan hubungan yang sehat dengan orang lain Peran anda : Menunjukkan kasih sayang dan konsisten.
Keakrabakn merupakan latar belakang disiplin yg ditegakkan
Pembetukan Kepemimpinan
Anda harus menentukan prioritas karakater & disiplin diri. Anak usia 5 th keatas sudah bisa diajak bekerja sama. Disiplin diri, Identitas, nilai yang dianut & tanggung jawab Peran anda : Jangan biarkan anak-anak mengambil cara mudah. Ber penghargaan pada karakter yang baik.
Kesesuaian Kepemimpinan
Pada usia remaja yang beranjak dewasa, cara utama mereka belajar adalah melalui pengalaman. Mereka harus mulai menerapkan apa yang mereka ketahui. Menemukan bakat mereka, ketrampilan berkomunikasi dengan orang lain, visi dan pengorbanan Peran anda : Ikutlah bertindak bersama mereka
Pemekaran Kepemimpinan
Saat ini, anak anda sudah menjadi dewasa dalam dunia kerja. Prioritas, pemberdayaan & delegasi, motivasidan pemikiran strategis Peran anak : Mereka akan belajar bijaksana, memusatkan perhatian dan belajar bahwa mereka bisa melakukan apa saja namun tidak bisa melakukan semuanya.
Peran anda : Jadil pendengar yang baik. Beri pendapat hanya jika ditanya.
Fokus Kepemimpinan
Siapa yang menjadi pemimpin, apa yang dilakukannya dan dengan siapa saja akan terlihat saat ini. Efektivitas maksimum, kebijakan & perspektif, pengembangan kepemimpinan & misi Peran anak : Masa yang paling sibuk bagi mereka karena semua menyatu di saat ini.
Peran Anda : jadilah pendukung yang baik. Jika mereka akan mengambil resiko, bantulah mereka.
Akhir Kepemimpinan
Para pemimpin diminta untuk memberikan mentoring & pendampingan. Mereka sudah menjadi pemimpin yang sebenarnya, menjadi orang yang berpengaruh pada orang lain. Besarnya pengaruh, Pemenuhan, serta pendampingan
17. Persamaan tentang mentor
Demonstrasi + Pembicaraan = Transformasi
Demonstrasi : Jika kita ingin mengajarkan tentang kepemimpinan, maka kita harus menunjukkan kepada mereka bagaimana caranya.
Pembicaraan : Anak-anak perlu berbicara dengan orang yang melakukan hal itu serta proses melakukannya. Mereka perlu menginterpretasikan tingkah laku yang mencerminkan kepemimpinan.
Transformasi : Menjadi contoh ditambah dengan komunikasi akan berdampak bagi anak-anak dan biarkan mereka berubah.
TAHAP 4 : BAGAIMANA MENGAJARKAN KEPEMIMPINAN KEPADA ANAK-ANAK
18. Menjadi contoh
Menurut pakar kepemimpinan, John Maxwell, cara terbaik memberikan pelatihan kepemimpinan bagi anak-anak adalah dengan IDEA :
I – Instruction (Instruksi) ; anak-anak perlu mendengarnya
D – Demonstration (Demonstrasi) ; anak-anak perlu melihatnya
E – Experience (Pengalaman) ; anak-anak perlu mengalaminya sendiri
A – Assesment (Penilaian) ; anak-anak perlu mengevaluasinya
19. Pentingnya Kehadiran Ayah/ Tokoh Senior di Rumah
Berdasarkan buku yang ditulis oleh Gary Smalley & John Trent, The Blessing, ada 5 komponen yang bisa diberikan oleh kehadiran sang Ayah :
Hal-hal yang perlu dibicarakan dengan anak-anak :
Tanyakan kepada anak-anak
Menghormati orang lain Anak-anak harus menyadari bahwa manusia adalah hal terpenting di dunia Seberapa penting, orang lain bagi mereka? Bagaimana cara berkomunikasi dengan orang lain?
Belajar untuk tidak mudah putus asa Setiap orang pasti pernah gagal, hal tersebut justru mendorong pembentukan karakter. Seorang pemimpin belajar untuk bangkit lagi setelah kegagalan. Coba ingat-ingat pengalaman dimana mereka tidak menyerah. Bagaimana rasanya? Bagaimana pengalaman itu membantunya?
Kejar yang terbaik Orang lain mengetahui jika anda bisa menunjukkan keunggulan Bagaimana ia meningkatkan kualitas yang mereka miliki? Apa yang menyebabkan orang lain melihat keunggulan tersebut?
Kenali diri sendiri Setiap anak harus mengenali kekuatan dan kelemahan diri masing-masing Apa keunikan mereka? Apa yang menyebabkan orang tertarik dengan mereka?
Kembangkan bakat yang dimiliki Pemimpin yang besar mengerti bahwa setiap orang memiliki bakat yang bisa dikontribusikan Apa yang harus dilakukan agar orang lain bisa melakukan yang terbaik dari dirinya?
Temukan hal yang disukai Seorang pemimpin harus mengetahui hal yang mereka sukai Apa yang mereka ingin lakukan? Kegiatan apa yang menarik bagi mereka?
21. Keamanan & kenyamanan dalam keluarga
6 hal ini menjadikan rumah sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi anak-anak:
S – Spend time together (Habiskan waktu bersama)
E – Express positive thoughts (Bicarakan hal-hal yang positif)
C – Consistently discipline (Disiplin yang konsisten)
U – Unite during crisis (Bersatu dalam menghadapi masalah)
R – Recognize each person’s value (Kenali nilai yang dianut setiap orang)
E – Encourage them daily (Memberikan dorongan positif setiap hari)
22. 6 Prinsip Pengembangan Kepemimpinan
Langkah-langkah ini disarankan untuk dilakukan dalam bentuk kelompok kecil yang bertemu secara teratur selama 6-8 minggu untuk berdiskusi tentang bahan di atas.
Disarikan dari Nurturing The Leader Within Your Child Life Plan : What Every Parent Need to Discover, berdasarkan buku yang ditulis oleh Dr. Tim Elmore
TAHAP 3 : KAPAN WAKTUNYA
14. Pentingnya rutinitas harian
Dalam satu hari ada 4 waktu yang bisa kita gunakan utnuk mendampingi anak-anak :
- Saat makan : berperan sebagai guru
- Saat bepergian : berperan sebagai teman
- Sebelum tidur : sebagai konselor
- Pagi hari : sebagai pelatih
15. Kemampuan Kepemimpinan yang dimiliki
Ajak anak anda untuk menilai sendiri kemampuan kepemimpinan yang dimilikinya dengan skala 1-5 (paling kuat).
- Semangat dan antusiasme : energi yang menyemangati orang lain
- Kebijakan : mengerti orang lain
- Karisma : Kepribadian yang hangat dan menarik
- Kemampuan produksi : orang lain mau mengikuti karena bisa mencapai tujuan
- Karakter dan keberanian : melakukan sesuatu yang benar walaupun sulit
- Kemampuan komunikasi : dapat mengekspresikan pikiran dan ide secara jelas
- Bakat : kemampuan alamiah yang dikagumi orang lain
Hal-hal yang penting Peranan
Pondasi Kepemimpinan
5 tahun pertama sangat penting karena kepribadian & stabilitas mulai terbentuk Kepribadian, kesehatan emosi, tingkah laku dan hubungan yang sehat dengan orang lain Peran anda : Menunjukkan kasih sayang dan konsisten.
Keakrabakn merupakan latar belakang disiplin yg ditegakkan
Pembetukan Kepemimpinan
Anda harus menentukan prioritas karakater & disiplin diri. Anak usia 5 th keatas sudah bisa diajak bekerja sama. Disiplin diri, Identitas, nilai yang dianut & tanggung jawab Peran anda : Jangan biarkan anak-anak mengambil cara mudah. Ber penghargaan pada karakter yang baik.
Kesesuaian Kepemimpinan
Pada usia remaja yang beranjak dewasa, cara utama mereka belajar adalah melalui pengalaman. Mereka harus mulai menerapkan apa yang mereka ketahui. Menemukan bakat mereka, ketrampilan berkomunikasi dengan orang lain, visi dan pengorbanan Peran anda : Ikutlah bertindak bersama mereka
Pemekaran Kepemimpinan
Saat ini, anak anda sudah menjadi dewasa dalam dunia kerja. Prioritas, pemberdayaan & delegasi, motivasidan pemikiran strategis Peran anak : Mereka akan belajar bijaksana, memusatkan perhatian dan belajar bahwa mereka bisa melakukan apa saja namun tidak bisa melakukan semuanya.
Peran anda : Jadil pendengar yang baik. Beri pendapat hanya jika ditanya.
Fokus Kepemimpinan
Siapa yang menjadi pemimpin, apa yang dilakukannya dan dengan siapa saja akan terlihat saat ini. Efektivitas maksimum, kebijakan & perspektif, pengembangan kepemimpinan & misi Peran anak : Masa yang paling sibuk bagi mereka karena semua menyatu di saat ini.
Peran Anda : jadilah pendukung yang baik. Jika mereka akan mengambil resiko, bantulah mereka.
Akhir Kepemimpinan
Para pemimpin diminta untuk memberikan mentoring & pendampingan. Mereka sudah menjadi pemimpin yang sebenarnya, menjadi orang yang berpengaruh pada orang lain. Besarnya pengaruh, Pemenuhan, serta pendampingan
17. Persamaan tentang mentor
Demonstrasi + Pembicaraan = Transformasi
Demonstrasi : Jika kita ingin mengajarkan tentang kepemimpinan, maka kita harus menunjukkan kepada mereka bagaimana caranya.
Pembicaraan : Anak-anak perlu berbicara dengan orang yang melakukan hal itu serta proses melakukannya. Mereka perlu menginterpretasikan tingkah laku yang mencerminkan kepemimpinan.
Transformasi : Menjadi contoh ditambah dengan komunikasi akan berdampak bagi anak-anak dan biarkan mereka berubah.
TAHAP 4 : BAGAIMANA MENGAJARKAN KEPEMIMPINAN KEPADA ANAK-ANAK
18. Menjadi contoh
Menurut pakar kepemimpinan, John Maxwell, cara terbaik memberikan pelatihan kepemimpinan bagi anak-anak adalah dengan IDEA :
I – Instruction (Instruksi) ; anak-anak perlu mendengarnya
D – Demonstration (Demonstrasi) ; anak-anak perlu melihatnya
E – Experience (Pengalaman) ; anak-anak perlu mengalaminya sendiri
A – Assesment (Penilaian) ; anak-anak perlu mengevaluasinya
19. Pentingnya Kehadiran Ayah/ Tokoh Senior di Rumah
Berdasarkan buku yang ditulis oleh Gary Smalley & John Trent, The Blessing, ada 5 komponen yang bisa diberikan oleh kehadiran sang Ayah :
- Kata-kata yang memberikan keyakinan – Ayah meyakinkan anak-anakmengenai kekuatan mereka
- Sentuhan yang Memberikan Arti – Ayah memeluk & mencium anak-anaknya
- Pernyataan Nilai – Ayah menyatakan nilai yang ia anut pada setiap anak
- Gambaran Masa depan – Ayah berbagi potensi yang dilihatnya pada anak-anak
- Komitmen – Ayah pasti mendampingi mereka menjadi dewasa
Hal-hal yang perlu dibicarakan dengan anak-anak :
Tanyakan kepada anak-anak
Menghormati orang lain Anak-anak harus menyadari bahwa manusia adalah hal terpenting di dunia Seberapa penting, orang lain bagi mereka? Bagaimana cara berkomunikasi dengan orang lain?
Belajar untuk tidak mudah putus asa Setiap orang pasti pernah gagal, hal tersebut justru mendorong pembentukan karakter. Seorang pemimpin belajar untuk bangkit lagi setelah kegagalan. Coba ingat-ingat pengalaman dimana mereka tidak menyerah. Bagaimana rasanya? Bagaimana pengalaman itu membantunya?
Kejar yang terbaik Orang lain mengetahui jika anda bisa menunjukkan keunggulan Bagaimana ia meningkatkan kualitas yang mereka miliki? Apa yang menyebabkan orang lain melihat keunggulan tersebut?
Kenali diri sendiri Setiap anak harus mengenali kekuatan dan kelemahan diri masing-masing Apa keunikan mereka? Apa yang menyebabkan orang tertarik dengan mereka?
Kembangkan bakat yang dimiliki Pemimpin yang besar mengerti bahwa setiap orang memiliki bakat yang bisa dikontribusikan Apa yang harus dilakukan agar orang lain bisa melakukan yang terbaik dari dirinya?
Temukan hal yang disukai Seorang pemimpin harus mengetahui hal yang mereka sukai Apa yang mereka ingin lakukan? Kegiatan apa yang menarik bagi mereka?
21. Keamanan & kenyamanan dalam keluarga
6 hal ini menjadikan rumah sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi anak-anak:
S – Spend time together (Habiskan waktu bersama)
E – Express positive thoughts (Bicarakan hal-hal yang positif)
C – Consistently discipline (Disiplin yang konsisten)
U – Unite during crisis (Bersatu dalam menghadapi masalah)
R – Recognize each person’s value (Kenali nilai yang dianut setiap orang)
E – Encourage them daily (Memberikan dorongan positif setiap hari)
22. 6 Prinsip Pengembangan Kepemimpinan
- Pemimpin itu perlu latihan, bukan hanya alamiah
- Setiap anak memiliki potensi kepemimpinan
- Cara terbaik bagi para murid belajar kepemimpinan adalah di dalam lingkungan masyarakat
- Pengembangan kepemimpinan adalah suatu proses, bukan acara sesaat
- Dalam jaman seperti sekarang ini, setiap anak perlu belajar kepemimpinan
- Anak-anak perlu pendamping untuk membantu mereka bertumbuh melalui berbagai tahapan kepemimpinan
- Berikan gambaran : memberikan gambaran melalui cerita, analogi, kata-kata dan
- Berikan pegangan : memberikan sesuatu yang bisa dijadikan pegangan hidup bagi anak-anak
- Berikan petunjuk : memberikan petunjuk arah dan pandangan jauh ke depan
- Berikan lingkungan yang mendukung : ciptakan lingkungan yang aman bagi anak-anak untuk menerapkan apa yang mereka ketahui
- Berikan akar : memberikan dasar yang kuat, dimulai dengan karakter
- Berikan sayap : berikan kebebasan bagi anak-anak untuk mencoba hal baru
Langkah-langkah ini disarankan untuk dilakukan dalam bentuk kelompok kecil yang bertemu secara teratur selama 6-8 minggu untuk berdiskusi tentang bahan di atas.
Disarikan dari Nurturing The Leader Within Your Child Life Plan : What Every Parent Need to Discover, berdasarkan buku yang ditulis oleh Dr. Tim Elmore
0 komentar:
Posting Komentar