Top Ads

Program SBI & RSBI



Pengertian SBI
SBI adalah sekolah nasional yang menyiapkan peserta didik berbasis Standar Nasional Pendidikan (SNP) Indonesia berkualitas Internasional dan lulusannya berdaya saing Internasional.
Karakteristik SBI
  1. Menerapkan KTSP yang dikembangkan dari standart isi, standart kompetensi kelulusan dan kompetensi dasar yang diperkaya dengan muatan Internasional.
  2. Menerapkan proses pembelajaran dalam Bahasa Inggris, minimal untuk mata pelajaran MIPA dan Bahasa Inggris.
  3. Mengadopsi buku teks yang dipakai SBI (negara maju).
  4. Menerapkan standar kelulusan yang lebih tinggi dari standar kompetensi lulusan (SKL) yang ada di dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP).
  5. Sarana/prasarana memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP).
  6. Penilaian memenuhi standar nasional dan Internasional.
Visi dan Misi SBI
Visi  SBI dirancang agar memnuhi tiga indikator,yaitu:
  1. Mencirikan wawasan kebangsaan,
  2. Memberdayakan seluruh potensi kecerdasan (multiple inteligencies)
  3. Meningkatkan daya saing global
Misi SBI merupakan jabaran visi SBI yang dirancang untuk dijadikan referensi dalam menyusun/mengembangkan rencana program kegiatan, indikator untuk menuyun misi  ini terangkum pada akronim SMART:
  1. Specific
  2. Measurable (terukur)
  3. Achievable (dapat dicapai)
  4. Realistis
  5. Time Bound (jelas jangkauan waktunya)
LAYANAN EDU untuk SBI & RSBI
Pendidikan merupakan salah satu penentu daya saing bangsa, dengan demikian, perlu peningkatan mutu yang berk elanjutan. Salah satunya dengan konsep peningkatan status sekolah secara bertahap ke arah SBI (Sekolah Bertaraf Internasional). Hal ini searah dengan perubahan paradigma dalam pembelajaran menuju masyarakat berbasis pengetahuan, yang menempatkan ICT atau TIK sebagai pendukung utama

Dari penjelasan di atas, pengenalan TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi) beserta aplikasinya harus dimulai sedini mungkin, tanpa diskriminasi yang dilakukan secara bertahap mulai dari sekolah dasar sampai pendidikan tinggi
Berangkat dari hal tersebut di atas, kami dari PT. Edu Media Nusantara menawarkan solusi praktis penerapan ICT untuk mendukung layanan pendidikan khusus di Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) terbagi dalam program:
PELATIHAN Pengembangan SDM sebagai percepatan optimalisasi TIK dalam pembelajaran:
Kompetensi Guru
  1. Paket Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis ICT level Dasar
  2. Paket Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis ICT level Menengah
  3. Paket Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis ICT level Lanjut
  4. Program Pelatihan Spesifik Produk:
    - Pelatihan Pembuatan Storyboard Bahan Ajar Multimedia
    - Pelatihan Pembuatan VCD/DVD Pembelajaran

    - Pelatihan Pembuatan Media Belajar Mandiri
    - Pelatihan Pembuatan Animasi Pembelajaran
    - Pelatihan Pembuatan Media Ajar berbasis Web
    - Pelatihan Pembuatan Mobile Book
    - Pelatihan Pembuatan Evaluasi On-line
    - Pelatihan Pembuatan E-Book, dan AudioBook
  5. Paket Pelatihan Pengembangan E-Learning Sekolah
  6. Paket Pelatihan Berbasis ICT lain sesuai kebutuhan pengguna)
Kompetensi Tenaga Kependidikan Non Guru
Paket Pelatihan Pengenalan & Optimalisasi Perangkat ICT Penunjang Proses Belajar Mengajar
Paket Pelatihan Aplikasi Administrasi & Manajemen berbasis ICT
Paket Pelatihan Aplikasi Pengelolaan Konten Pembelajaran
Siswa terkait ICT
Paket Pelatihan Pengenalan & Optimalisasi Perangkat ICT Penunjang Proses Belajar Mengajar

Untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan khususnya pada SBI, Edu Media menyediakan beberapa layanan diantaranya sebagai berikut:
  1. Penyusunan bahan ajar/modul multimedia (bilingual)
  2. Pengembangan partnership dan manajemen berbasis ICT
  3. Peningkatan  SDM  tenaga  pendidik  dan  tenaga  kependidikan  di bidang ICT
  4. Promosi dan pemasaran sekolah bertaraf internasional
  5. Pengadaan sarana prasarana ICT:
    - Pengadaan laboratorium komputer multimedia
    - Pengadaan LCD Projektor
    - Pengadaan Printer dan scanner

    - Pengadaan CD-CD pembelajaran
    - Pengadaan jaringan internet
    - Pengadaan Control - Monitor Class
    - Pengembangan workshop/pelatihan ICT
    - Pengajaran dan pembelajaran berbasis ICT (e-learning)
    - Pengembangan ICT
Pengembangan Kurikulum & Konten Pembelajaran
  1. Produksi materi penunjang Mobile Learning
    Belajar kini bisa dimana saja tanpa harus dibatasi oleh ruang dan waktu. Ponsel pun bisa menjadi sarana penting dalam proses belajar mengajar ini. Ringkasan materi atau soal latihan dapat dijadikan aplikasi pembelajaran yang dapat dijalankan pada ponsel.
  2. Aplikasi Pengelolaan Konten Pembelajaran (Pengembangan dari Aplikasi Digital Library)
    Aplikasi untuk mengelola pengetahuan/konten multimedia pembelajaran yang dapat diakses seluruh warga sekolah, memfasilitasi penyediaan referensi ilmu pengetahuan terkini (internet based content) sekaligus memfasilitasi pertukaran konten dan atau pakar dengan sekolah lain
  3. Penyediaan Multimedia Based Content untuk materi lokal
    Penyediaan konten multimedia pembelajaran yang materinya telah disusun oleh guru. Jenis multimedia based content yang dapat ditangani antara lain:
    - Animasi peristiwa (proses peristiwa nyata atau rekaan) berdasarkan teori tertentu dalam bentuk CD atau media lain.
    - Simulasi kasus (representasi tiruan fungsional suatu system) aplikasi menghasilkan output yang berbeda untuk input yang bereda. Bersifat multimedia dalam bentuk CD atau media lain.
    - Visual Multimedia (gambaran visual 2/3D tentang keterkaitan antar komponen dalam system) bersifat multimedia dalam bentuk CD atau media lain.
    - Media belajar mandiri (berisi konten pembelajaran yang digunakan siswa untuk belajar mandiri)
    - E-Test/Latihan mata pelajaran (berisi soal-soal latihan suatu mata pelajaran yang disajikan secara interaktif)
    - E-Book/Aplikasi buku/modul digital (bentuk penyajian buku dalam format digital)
    - E-AudioBook/Aplikasi buku/modul digital (bentuk penyajian buku dalam format digital yang disertai audio
  4. Unit Produksi Pengembangan Konten Pembelajaran dan Evaluasi
    Layanan kerja sama dalam membentuk dan mengembangkan unit produksi konten pembelajaran yang terdiri dari praktisi, guru dan murid. Fungsi Unit Produksi ini untuk membantu warga sekolah dalam mewujudkan konten multimedia pembelajaran bermutu.
Pengembangan Fasilitas/Sarana & Prasarana TIK
Smart Class Monitoring System
Smart Class Monitoring Sistem merupakan sistem pemanfaatan perangkat TIK salah satunya CCTV  yang berfungi untuk memantau proses belajar mengajar guna mendukung layanan pendidikan bermutu secara modern dan terpadu.
Proses pemantauan ini dapat dilakukan dari sebuah ruang kontrol secara langsung ke semua kelas, baik oleh kepala sekolah, guru, atau pihak yang terkait. Dari pemantauan ini, sekolah dapat mengevaluasi, merumuskan, menilai dan merancang strategi-strategi pengembangan metode pembelajaran ke arah yang lebih baik.
Perangkat/Media Publikasi sekolah
  1. Website Instansi Sekolah + Learning Activity
    Website ini bermanfaat untuk mengenalkan sekolah secara lebih rinci dan profesional melalui internet, bertujuan memberikan pengetahuan/informasi tentang sekolah, mulai dari profil, guru dan staff, siswa, kegiatan ekstra kurikuler sekolah, fitur halaman guru dan siswa. Selain itu fasilitas PLUS website ini sudah dilengkapi dengan fasilitas database yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar secara online. (misalnya: media komunikasi guru & siswa, sarana upload/download media pembelajaran, latihan/evaluasi online)
  2. Profil Interaktif & Videografi
    Profil interaktif ini bermanfaat untuk mengenalkan tentang manajemen, sistem dan situasi pada sebuah institusi pendidikan kepada khalayak umum melalui teknologi multimedia. Keuntungan yang diperoleh: muatan isi lebih banyak, lengkap, berisi berbagai macam tipe informasi: teks, gambar/foto, suara/musik, video, memudahkan institusi dalam pengembangan promo sekolah. Produk berupa cd multimedia interaktif dan VCD/DVD
Administrasi & Manajemen Sekolah
  1. Software Sistem Informasi Manajemen Akademik Sekolah (SIMAS)
    Merupakan perangkat lunak berbasis web, terdiri dari berbagai macam aplikasi yang membentuk fungsi guna membantu pelayanan administrasi dan manajemen sekolah. Dengan SIMAS, sekolah dapat mengevaluasi, merumuskan, menilai, merancang strategi-strategi pengembangan akademik siswa ke arah yang lebih baik. Aplikasi tersebut antara lain:
    - Aplikasi penerimaan siswa baru
    - Aplikasi data personal siswa
    - Aplikasi pengelolaan hasil proses pembelajaran siswa
    - Aplikasi pengelolaan proses keuangan
    - Aplikasi pengelolaan data guru dan karyawan
    - Aplikasi pengelolaan asset dan perlengkapan
    - Aplikasi publikasi informasi
    - Aplikasi konsolidasi laporan periodik pendidikan
    - Aplikasi pengelolaan ruang belajar
    - Aplikasi pengelolaan jadwal pengajaran
    - Aplikasi pengelolaan jadwal guru mengajar
    - Aplikasi pengelolaan kegiatan ektrakurikuler
  2. Aplikasi Digital Library
    Adalah program aplikasi pengelolaan perpustakaan dengan melibatkan pengelolaan database informasi pada perpustakaan. Dengan program ini akan memudahkan petugas/pengelola dalam  menjalankan aktivitasnya yang ada hubungannya dengan layanan perpustakaan serta pengguna/anggota perpustakaan  untuk menjelajahi segala isi dan fasilitas perpustakaan seperti mencari informasi tentang buku, ebook, katalog buku,  download, dan menyalin buku.
  3. Aplikasi Pengelolaan Koperasi Sekolah
    Adalah program aplikasi sistem akuntansi  untuk mengelola koperasi sekolah. Program ini dilengkapi dengan fitur entry data, processing data, dan report guna memudahkan pengelola koperasi dalam menjalankan layanannya serta terdapat aplikasi unit simpan pinjam lengkap laporan keuangannya.
Dari  paparan  di  atas  dapat  disimpulkan  bahwa  pemanfaatan ICT dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah karena dalam  rancangan pembelajaran dengan bantuan ICT selalu ada stimulus  yang  menyenangkan.  Sistem  ICT  dapat  mendiagnosis kesulitan-kesulitan  siswa  dalam  belajar  dan  memberikan  bantuan  untuk memecahkan  masalah  yang  dihadapi.

0 komentar:

Posting Komentar